Penyaluran Rastra Kepada Warga Desa Pakamban Laok, Pragaan, Sumenep

Wildan Adji Nasrullah 17:30
Bulog Sub Divre Jawa Timur menyalurkan jatah beras sejahtera atau rastra (istilah baru untuk raskin) Jatim tahun 2017 pekan ini di Desa Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura. Subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial pada rumah tangga.
Gambar 1. Pendataan Warga Pakamban Laok Penerima Rastra
 (Foto : 21/07/2017)
Adanya program pemerintah ini, memberikan keringanan kepada masyarakat Desa Pakamban Laok dalam memperoleh beras untuk kebutuhan hidupnya.
Gambar 2. Pemyaluran Beras Sejahtera (Foto : 21/07/2017)
Penyaluran rastra berawal dari Surat Perintah Alokasi (SPA) dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Perum BULOG dalam hal ini kepada Kadivre/ Kasubdivre/KaKansilog Perum BULOG berdasarkan pagu rastra (tonase dan jumlah Rumah Tangga Sasaran - RTS) dan rincian di masing-masing Kecamatan dan Desa/ Kelurahan.
Pada waktu beras akan didistribusikan ke Titik Distribusi, Perum BULOG berdasarkan SPA menerbitkan Surat Perintah Pengeluaran Barang/Delivery Order (SPPB/DO) beras untuk masing-masing Kecamatan atau Desa/ Kelurahan kepada Satker rastra. Satker rastra mengambil beras di gudang Perum BULOG, mengangkut dan menyerahkan beras rastra kepada Pelaksana Distribusi rastra di Titik Distribusi.
Di Titik Distribusi, penyerahan/penjualan beras kepada RTS-PM (Penerima Manfaat) rastra dilakukan oleh salah satu dari tiga (3) Pelaksana Distribusi rastra yaitu Kelompok Kerja (Pokja), atau Warung Desa (Wardes) atau Kelompok Masyarakat (Pokmas). Di Titik Distribusi inilah terjadi transaksi secara tunai dari RTS - PM rastra ke Pelaksana Distribusi. (BULOG@2010). –kkn62

Share this

Related Posts

First