Matapencaharian Membuat Rengginang Lorjuk di Desa Pakamban Laok, Pragaan, sumenep

Wildan Adji Nasrullah 11:02
Salah satu keahlian yang dijadikan matapencaharian oleh warga desa Pakamban Laok, Pragaan, Sumenep adalah membuat rengginang lorjuk. Makanan ini mungkin didaerah lain juga banyak anda temukan dan dijumpai hanya saja penamaannya yang berbeda. Cemilan yang satu ini dapat dibuat dengan mudah namun memang tidak begitu dibuat langsung bisa dinikmati karena harus melalui proses penjemuran terlebih dahulu selama beberapa hari hingga kering.
Perbedaan dengan rengginang lain adalah ciri khas teksturnya yang sangat renyah dengan campuran ikan lorjuk. Rengginang lorjuk memang sama seperti rengginang yang ada pada umumnya, tetapi rengginang lorjuk ini memiliki bentuk yang unik, seperti sebuah mangkuk kecil.
Gambar 1. Ibu-ibu desa Pakamban Laok membuat rengginang lorjuk Madura (Foto : 28/07/2017)
Pembuatan rengginang ini perlu dilakukan secara bertahap. Bahan yang dipersiapkan adalah beras ketan dicuci bersih lalu direndam selama 5 jam. Kemudian beras ketan dikukus sampai memadat lalu diangkan. Siram dengan air panas sambil diaduk sampai rata. Biarkan selama 10 menit hingga sedikit mengering lalu tuang dengan santan kelapa. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan bersama garam. Aduk lagi sampai beras menyatu dengan santan dan bumbu. Kukus kembali sampai matang dan campur lorjuk dan ketan, aduk rata.
Langkah terakhir adalah proses pencetakan. Cetak bentuk bulat agak membentuk mangkok kecil, atur ditempat datar lalu jemur hingga kering. Biasanya proses penjemuran selama 3 hari atau sampai benar-benar kering. Lalu dikemas dan siap dipasarkan. Jika ingin menikmatinya, panaskan minyak goreng kemudian rengginang lorjuk dimasukkan kedalamnya. Goreng hingga merekah dan matang sambil sesekali dibalik. Angkat lalu siap dinikmati. -kkn62
Gambar 2. Proses penjemuran rengginang lorjuk Madura (Foto : 28/07/2017)

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »