Kerja Bakti Rutin Warga Desa Pakamban Laok, Pragaan, Sumenep

Wildan Adji Nasrullah 13:37
Kerja bakti adalah salah satu wujud kehidupan bertetangga dan bermasyarakat. Begitu pula pada desa Pakamban Laok, Pragaan Sumenep. Kegiatan desa yang rutin dilakukan oleh warga Pakamban Laok adalah menjaga kebersihan dan kerapian desanya melalui kerja bakti. Banyak kemuliaan yang diperoleh dari kehidupan bertetangga, termasuk melalui kerja bakti ini.
Gambar 1. Bapak-bapak dan Pemuda desa Pakamban Laok Kerja bakti (Foto : 21/07/2017)
Kerja bakti yang dilakukan warga desa Pakamban Laok diantaranya, membersihkan sampah yang berserakan, memotong rumput liar yang telah memanjang, membersihkan selokan, bahkan memotong pohon yang dapat merusak keindahan desa atau bahkan yang membahayakan penduduk setempat.

Gambar 2. Seorang bapak gotong royong memotong rumput liar
Tidak hanya itu, kaum ibu ibu Pakamban Laok juga berpartisipasi degan memberikan konsumsi kepada bapak-bapak dan remaja yang sedang bekerja bakti, baik berupa gorengan, kue dan minuman.

Gambar 3. Seorang bapak sedang menebang pohon yang mengganggu keindahan desa
Manfaat kerja bakti yang dapat diambil adalah terjalinnya silaturahmi. Mungkin saja antar tetangga tidak tersedia waktu cukup untuk bertemu. Kesibukan kerja membuat silaturahmi tidak berjalan. Dengan kerja bakti, mereka jadi saling bertemu dan mengetahui kabar masing-masing. Mengobrol tentang sekolah anak, pekerjaan, atau tentang rencana atau ide ke depan terkait lingkungan. Selain itu, manfaat lainnya adalah refreshing. Kesibukan kerja membuat kehidupan seseorang monoton mengurus pekerjaan kantor, sekolah,lahanperkanian, perkebunan dan sebainya. Kerja bakti merupakan pekerjaan dengan suasana santai, tanpa target, tanpa tuntutan tertentu. Ini adalah kehidupan sosial yang lain untuk mewujudkan kehidupan bertetangga. Kerja bakti perlu diberikan prioritas, agar orang memiliki variasi lingkungan. –kkn62

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »